Peta Pendakian dan Keindahan Wisata Gunung Penanggungan

Wisata Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan

KlatenNews.com  -Wisata Gunung Penanggungan memang terkenal di gunung ini banyak tedapat peninggalan sejarah berupa candi-candi Hindau dan budha. Di kawasan Gunung Penanggungan juga banyak terdapat pertapaan, ataupun petirtaan.

Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya peninggalan sejarah di gunung penanggungan  ini merupaka asli peninggalan jaman kerajaan periode Hindu – Buddha di Jawa Timur.

Perlu anda ketahui bahwa gunung Penanggungan ini terletak di perbatasan Kab. Pasuruan dan Kab. Mojokerto, anda dapat menuju ke sana melualui wilayah jaln tol Surabaya – Malang jika sudah keluar anda melihat gunung maka itulah gunung Penanggungan.

Di Gunung Penanggungan ini masih merupakan kawasan hutan dipterokarp, hutan montane, bukit, hutan dipterokarp atas, dan hutan ericaceous atau hutan gunung. Di kawasan hutan montane anda dapat menjumpai berbagai macamflora antara lain: ingas, kemiri, jempurit, kluwak, dawung, bendo, wilingo, jabon, laos, kunir, , jahe dan masih banyak lagi.

Gunung Penanggungan mempunyai ketinggian sekitar1.653 mdpl, ini cukup lumayan tinggi untuk pendakian dan juga terdapat beberapa bukit antara lain:

  1. Bukit Kemuncup (1.238 mdpl)
  2. Bukit Bakel (1.238 mdpl)
  3. Gajah Mungkur (1.084 mdpl)
  4. Sarah Klopo (1.235 mdpl)

Untuk konstruksinya gunung Penanggungan terdiri dari batuancadas dan rerumputan dan jika anda ingin menginap silakan pirik 2x di karenakan di kawasan gunung pananggungan ini mempunyai suhu 10-15 derajat celcius pada malam hari.

Spesifikasi gunung pananggungan

Penanggungan bermedan datar, landai, miring, berbukit, dan berjurang. dikaki gunung, keadaan medannya landai sampai sekitar 2 km. Dan dibagian perut gunung agak curam 40 sampai 50derajat. Kemiringan Jurang-jurang 50 sampai 60 derajat. sampai di puncak gunung terdapat banyak batu-batu cadas dan ada gua kecil.

Rute dan Jalur Pendakian gunung Pananggungan :

1. Jalur Ngoro

Dari Malang atau Surabaya silakan haik busdan turun dipertigaan Japanan,  dan silakan naik minibus jurusan Ngoro. Nah dari Ngoro anda naik angkutan kecil dan  turun di desa Jedong.

2. Jalur Trawas

Arah Surabaya atau Malang, naikbus dan turun diterminal Pandaan. Silakan naik angkot jurusan Trawas. Trawas di terskan naik ojek ke desa Rondokuning. Nah anda dapat memulai pendakian di Rondokuning.

3. Jalur Jolotundo

Jalur ini paling sering digunakan oleh para pendaki gunung,  dengan melewati rute Jolotundo ini anda dapat menjumpai banyak situs-situs arkeologi berupapunden, petilasan, candi, dan masih banyk lagi. Akses ke Jolotundo anda dapat memulai dari Trawasnaik minibus.

Selamat berwisata di Gunung Penanggungan dan menikmati keinndahan alamnya bersama teman-teman anda.

 

Editor  : Taufiq Hidayah

Tinggalkan Komentar

Rekomendasi :close