Sejarah Dan Koleksi Museum Nasional Gajah Jakarta

Sejarah Museum Nasional Gajah

KlatenNews.com – Museum Nasional Gajah berdiri pada tahun 24 April 1778, Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen. J.C.M. Radermacher adalah dalang pembangunan Museum Nasional Gajah ini.

Di Inggris pada tahun 1811-1816, SirThomas Stamford Raffles membangun gedung baru  di Jalan Majapahit No. 3. Dan  untuk Literary Society atau asli bernama Societeit de Harmonie. Dan tahun 1862, pemerintah HindiaBelanda mendirikan gedung yang sekarang masih di gunakan. Dan gedung ini di beri nama Museum Nasional Gajah di karenakan kehadiran patung gajah di depan degung.

Patung Gajah ini adalah hadiah dari Raja Chulalongkorn dari Thailand 1871 yang kemudian dipasang di halaman depan museum tersebut. Dab sejak tahun 28 – 5- 1979, nama resmi adalah Museum Nasional Gajah.

Koleksi Museum Nasional Gajah

Museum Nasional Gajah juga termasuk museum yang kaya akan paninggalan sejarah dan di museum ini mengoleksi benda2 kuno dari seluruh pelosok indonesia salah satu koleksi Museum Nasional Gajah ini adalah arca-arca kuno, prasasti, benda2 kuno lainnya dan barang2 kerajinan dan koleksi Museum Gajah juga meliputi naskah-naskah manuskrip yang kuno. Naskah-naskah tersebut dan koleksi perpustakaan Museum Gajah lainnya kini disimpan di Perpustakaan Nasional Indonesia.

Salah satu koleksi tersebut dikategorisasikan dalam keramik, tekstil, numismatik, etnografi, perunggu, prasejarah, relik sejarah, dan benda berharga. Dan pada tahun 2001 koleksi Museum Nasional Gajah mencapai 109.342 buah, sangat banyakkan??.  Dan hingga tahun 2012 Museum Nasional Gajah bertambah lagi sekitar 140.000 buah.

Dan perlu anda ingat bahwa di museum Museum Nasional Gajah ini terdapat  patung Bhairawa yang memiliki tinggi 414 cmdan patung ini merupakan   manifestasi dari Dewa Lokeswara atau Awalokiteswara, yang mana  merupakan perwujudan Boddhisatwa atau pancaran Buddha di Bumi.

Dari keterangan di atas hendaknya menambah wawasan tempat sejarah museum yang patut anda kunjungi untuk menambah wawasan sejarah anda, apalagi di tempat Museum Nasional Gajah memang terkenal dengan sejarah dan Koleksi museumnya yang tergolong lengkap.

Sumber : WikiPedia
Editor    : Hanif Isnaini

Tinggalkan Komentar

1 Komentar
Komentar Anda
  1. Sam anugrah says:

    Gelang gading gajah putih kepunyaan dewa ganesha ditemukan pada saat menggali rumah tua di makassar,berukir 16 dewa-dewa kayangan

Rekomendasi :close